• --
INFO
  • Desa Sambiroto, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Mandiri, Berdaulat, Adil dan Makmur

Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah Lakukan Monitoring Pembentukan BUMDesa Sambiroto

13 September 2022 SID Kabar Desa Dibaca 46 Kali

Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah bersama dengan Dispermades Kabupaten Rembang melaksanakan monitoring dan evaluasi sebagai rencana tindak lanjut kegiatan pembentukan BUMDesa pada Selasa, 13/09/2022 di Pendopo Desa Sambiroto.

Dalam pembahasannya, Bpk Azis selaku pihak Dispermades Rembang menyampaikan jika kehadirannya hanya melakukan monitoring dan evalusi kaitanya dengan BUMDesa Sambiroto.

Dispermades sendiri menanyakan kapan kesiapan Desa untuk segera membentuk BUMDesa secara sah beserta kelengkapan anggotanya.

M Abdul Kharis selaku Kepala Desa menjelaskan jika bentuk usaha yang ada pada desa sebenanya sudah ada, akan tetapi belum ada kepengurusan sesuai dengan syarat BUMDesa.

Kepala Desa menyampaikan jika ada 2 bentuk usaha yang sedang dijalankan yakni, penyediaan Air Bersih dan Penyewaan perkakas hajatan. Namun, beliau juga merasa jika usaha tersebut belum bisa maksimal.

"Untuk usaha desa belum maksimal, misalnya penyediaan air bersih, yang mana masyarakat hanya memakainya saat musim kemarau saja, kalau musim hujan tidak terpaikai. Dari situ kan pasti ada biaya perawatan dan pastinya tidak murah," bebernya.

Dispermades menyarankan untuk pemerintah desa Sambiroto melakukan study banding dengan desa lain yang sudah terbentuk BUMDesa dan jelas usahanya.

Soal pembentukan BUMDesa, Siti Zulaekho mengatakan jika tahun ini sebenarnya sudah dianggarkan dan tinggal membentuk, tapi pemerintah desa belum bisa memilih siapa saja anggota struktur di dalam BUMDesa.

Kaitanya dengan hal tersebut, Dispermades akan selalu siap mendampingi dan membantu dari bntuk administrasi dan lain sebagainya sampai BUMDesa Sambiroto dibentuk.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar