• --
INFO
  • Desa Sambiroto, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Mandiri, Berdaulat, Adil dan Makmur

MMD Desa Sambiroto Tetapkan 8 Program Utama Bidang Kesehatan

27 Juni 2022 SID Kabar Desa Dibaca 37 Kali

Pemerintah desa Sambiroto bersama dengan kader kesehatan desa dan Pukesmas Sedan mengadakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Balai Desa Sambiroto pada Jum'at, 24/06/2022.

Musyawarah Masyarakat Desa atau MMD sendiri adalah sebuah pertemuan perwakilan warga desa beserta masing - masing Perangkat Lingkungan dan para petugas untuk membahas kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang ada di lingkungan.

Beberapa poin penting yang didapat dalam acara MMD ini, yakni kaitannya masalah lingkungan, dimana sampah masih berserakan dan belum ada kesadaran masyarakat terkait hal tersebut.

Terkait hal tersebut, MMD menemukan 8 program utama diantaranya; pertama mengenai permasalahan sampah di lingkungan masyarakat, dengan demikian MMD menemukan solusi dengan cara memberikan sosialisasi bahaya sampah, kemudian pihak desa akan membentuk petugas untuk pemilihan sampah organik dan non organik serta pembangunan Bank Sampah untuk memproses sampah.

Kedua, masalah rumah ternak warga yang masih jadi satu dengan rumah utama pemiliknya, tentu hal tersebut sangat bahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Mengenai ternak MMD hanya mengandalkan kesadaran warga sendiri karena belum mungkin pihak desa mendirikan rumah ternak bersama.

Ketiga, terkait alat kontrasepsi dimana masih adanya masyarakat yang tidak memakai alat kontrasepsi. Hal tersebut juga tergantung kesadaran dan kemauan masyarakat, dimana jika tidak memakai alat kontrasepsi bisa KB mandiri.

Keempat, pencegahan penyakit tidak menular diantaranya; DM, hipertensi, jantung dan tifus. Maka, dengan hal itu kader desa akan terus berupaya untuk mengadakan posyandu secara konsisten.

Kelima, merokok di lingkungan keluarga, perihal tersebut sangat berbahaya bagi perokok pasif. Terkait masalah tersebut bisa diatasi, yakni pihak desa akan mengatur kawasan merokok di tempat terbuka pada peraturan desa.

Keenam, Gangguan kehamilan atau resh ibu hamil, terkait hal itu, MMD menemukan soslusi yakni pengaktifan kader khusus untuk secara continues memantau perkembangan ibu hamil, dimana hal itu bisa dilakukan saat kelas hamil.

Ketujuh, kaitanya dengan balita stunting, dimana masih terdapat balita stunting di desa Sambiroto, maka solusi permasalahan tersebut diantaranya; memberikan PMT ibu anak stunting dan memberikan PMT tambahan saat posyandu.

Kedelapan, Waspada jentik dimana MMD menetapkan akan mengadakan pemeriksaan jentik agar masyarakat bebas jentik.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar