• --
INFO
  • Desa Sambiroto, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Mandiri, Berdaulat, Adil dan Makmur

Wujudkan Pemerataan! Pemerintah Desa Sambiroto Akan Gelar Posbindu di Tiap RT

10 Januari 2022 SID Berita Lokal Dibaca 122 Kali

SAMBIROTO,- Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu, prokes.kemkes.go.id (10/01/2022)

Menurut  Depkes RI (2002), Posbindu sendiri merupakan pusat bimbingan pelayanan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan dalam rangka mencapai masyarakat sehat dan sejahtera.

Senada dengan hal itu, Pemerintah Desa Sambiroto mengupayakan kegiatan Posbindu agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara merata. Maka, dengan demikian pemerintah desa mengupayakan agar kegiatan posbindu dilaksanakan di masing-masing Rukun Tetangga (RT)

Siti Zulaikha selaku Sekertaris Desa membeberkan, kegiatan Posbindu mulai Januari 2022 akan dilaksanakan di masing-masing RT agar tidak monoton dilaksanakan di Balai Desa dan juga sebagai bentuk pemerataan kegiatan tersebut.

"Posbindu akan dilaksanakan di tiap RT mulai dari Januari 2022 agar kegiatan tersebut merata dan tidak monoton jika dilaksanakan di Balai Desa saja," Paparnya.

Terkait dengan konsep acaranya nanti, Siti Zulaikha belum bisa memastikan dan masih proses koordinasi dengan tenaga ahli kesehatan desa. Namun, yang pasti akan dilaksanakan oleh 16 kader posbindu secara bergantian di masing-masing RT.

"Nanti kegiatan posbindu rencananya akan dilaksanakan oleh 16 kader di Desa Sambiroto dan laksanakan secara bergantian dengan petugas yang terdiri dari, 2 petugas dari puskesmas dan 2 petugas kader dari desa di masing-masing RT," Jelasnya.

(Mh)

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar